7 Contoh Museum Tertua di Dunia ~ Lebih lengkap

Museum, berdasarkan definisi yang diberikan International Council of Museums (ICOM), adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 1995, museum adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa.

Dari tahun ke tahun, Museum terus berkembang seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan manusia semakin membutuhkan bukti-bukti otentik mengenai catatan sejarah kebudayaan.

Berikut ini adalah sejumlah museum tertua di dunia, yaitu:

1. Capitoline Museums.


Gambar museum apitoline ini terlihat desinnya khas roma, megah dan mewah, diambil dari fotografer yang profesional.

Baca juga: jasa desain logo profesional terbaik di indonesia, hasil wah harga terjangkau

Museum Capitoline terdiri dari sekelompok museum di Piazza del Campidoglio di Roma, Italia. Tempat ini terdiri dari beberapa museum dalam seni dan arkeologi. Sejarah Museum ini dapat ditelusuri dari tahun 1471, ketika Paus Sixtus IV menyumbangkan koleksi perunggu kuno. Dia menempatkan artefak ini di Capitolini Hill. Sejak itu, koleksi museum telah berkembang dan telah memasukkan sejumlah besar patung Romawi kuno, prasasti, sebuah seni koleksi abad pertengahan jaman Renaissance, koleksi perhiasan, koin, dan artefak lainnya. Museum ini dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah kota Roma.

Patung pengendara kuda yang dipasang di tengah piazza adalah patung Kaisar Marcus Aurelius. Patung  ini adalah salinan, yang asli ditempatkan di museum Capitoline. Banyak patung Romawi dihancurkan atas perintah otoritas Gereja Kristen di Abad Pertengahan, patung ini diawetkan dalam kepercayaan yang keliru, bahwa patung itu menggambarkan Kaisar Constantine, yang membuat agama Kristen sebagai agama resmi dari negara kekaisaran Romawi. Pada tahun 1536, Michelangelo Buonarroti merancang tempat ini dengan tiga palazzi dan piazza di tengah. Tempat ini  memerlukan waktu lebih dari 400 tahun untuk menyelesaikannya. Museum Capitoline terdiri dari tiga bangunan utama di sekitar Piazza del Campidoglio dan saling terhubung dengan sebuah galeri bawah tanah di bawah piazza.

Tiga bangunan utama Museum Capitoline adalah:
1. Palazzo Senatorio , dibangun pada abad ke-12 dan dimodifikasi sesuai dengan desain Michelangelo;
2. Palazzo dei Conservatori , dibangun pada pertengahan abad ke-16 dan didesain ulang oleh Michelangelo, dan
3. Palazzo Nuovo , dibangun pada abad ke-17 dengan desain eksterior identik dengan Palazzo dei Conservatori, yang menghadap seluruh palazzo. Koleksi di sini adalah patung kuno, kebanyakan patung dari Romawi tetapi ada juga patung dari Yunani dan Mesir.

2. Museum Vatikan, merupakan museum kedua tertua di dunia, dibuka untuk umum sejak 1501 oleh Paus Julius II. Desain desain bangunan yang megah dan khas.



3. Rumphius membangun sebuah Museum Botani di Ambon pada tahun 1662, dan membuat museum tersebut menjadi museum tertua di Indonesia. Tidak ada yang tersisa dari museum tersebut, kecuali dalam buku yang dia tulis sendiri, yang sekarang menjadi koleksi perpustakaan Museum Nasional Indonesia.

Penerusnya adalah Ikatan Kesenian dan Ilmu Kerajaan di Batavia, yang dibangun pada 24 April 1778. Organisasi ini mendirikan sebuah museum dan perpustakaan, dan berperan penting dalam penelitian, dan pengumpulan bahan penelitian mengenai sejarah alam dan kebudayaan di Indonesia.

4. Amerbach Cabinet Museum di Basel, yang awalnya merupakan koleksi pribadi yang dijual kepada pemerintah kota Basel pada tahun 1661, dan menjadi museum untuk umum sejak tahun 1671. Saat ini, museum ini bernama Kunstmuseum Basel. Melalui berbagai akuisisi, ekspansi dan renovasi, sekarang dianggap sebagai salah satu museum terbesar dan paling penting dari jenisnya di Swiss.



5. British Museum di London, Inggris, didirikan pada tahun 1753 dan dibuka untuk publik pada 1759. Koleksi pribadi Sir Hans Sloane merupakan dasar dari koleksi British Museum.

6. Hermitage Museum dibangun pada tahun 1764 oleh Yekaterina II dari Rusia dan telah dibuka untuk umum sejak 1852.

7. Museum Louvre di Perancis, merupakan museum yang juga diletakkan pada bekas istana kerajaan. Museum ini dibuka pada tanggal 10 Agustus 1793 dengan memamerkan 537 lukisan. Mayoritas karya tersebut diperoleh dari properti gereja dan kerajaan yang disita Pemerintah Perancis. Karena masalah struktural dengan bangunan, museum ditutup pada tahun 1796 hingga 1801.

Sumber artikel :
http://media.iyaa.com/article/2016/05/Ini-7-Museum-Tertua-di-Dunia-3443892.html
http://www.beritaterkini.id/2015/08/13/3-museum-tertua-di-dunia/
cek juga : https://jasadesain76.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh gambar museum

Apa itu museum, Pengertian dan fungsi yang perlu kita ketahui.