Apa itu museum, Pengertian dan fungsi yang perlu kita ketahui.

Sobat pernahkan anda pergi ke museum?
Pernahkah anda mendengar istilah museum?

Ya museum adalah sebuah tempat penyimpanan barang-barang berharga pada zaman sebelumnya, atau tempat barang-barang prasati yang berharga.

Menurut Wikipedi: Museum adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan.

Jadi museum itu institusi yang mengoleksi benda-benda nyata yang ada pada jaman sejarah sebelumnya.

Barang-barang yang disimpan di museum itu tentunya sangat berharga, dan bernilai tinggi, sehingga perlu dilestarikan agar khalayak umum bisa mengetahui dan mendapatkan banyak pelajaran dari sana.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 1995, museum adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa. 

Sedangkan menurut Intenasional Council of Museum (ICOM) : dalam Pedoman Museum Indoneisa,2008. museum adalah sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, memperoleh, merawat, menghubungkan dan memamerkan artefak-artefak perihal jati diri manusia dan lingkungannya untuk tujuan studi, pendidikan dan rekreasi.

Fungsi Museum

Fugsi museum diantaranya adalah sebaga tempat pelestarian barang sejarah, mengamankan agar barang tersebut tetap ada dan tidak rusah, sehingga musium juga nantinya bisa memberikan sumber informasi untuk masyarakan yang melakukan penelitian atau riset.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh gambar museum

7 Contoh Museum Tertua di Dunia ~ Lebih lengkap